2 tak,……..
yup,jenis sepeda motor ini dulu pernah booming di negeri ini,motor jenis ini terkenal dengan akselerasinya yang bak jambakan setan,karena sangkin responsifnya,bila tarik gas tiba tiba maka badan akan tertarik kebelakang,hal inilah yang dikonotasikan sebagai jambakan setan.
namun keberadaan motor 2 tak ini lambat laun mulai langka dan nyaris hilang,apalagi pasca yamaha menghentikan produksi RX KING,yang sekarang mulai melegenda,kejayaannya pada dekade 90an telah tergantikan mesin 4 tak yang lebih ramah lingkungan,karena lebih irit bahan bakar,
nah berikut akan saya share sedikit tips merawat mesin 2 tak ini
- oli samping,yup….mesin jenis ini selain menggunakan oli mesin biasa juga menggunakan oli samping yang berfungsi buat melumasi seher,setang seher,pastikan jangan sampe kehabisan oli samping ini bro,bisa berabe nanti.
- karburator,perhatikan rutin bagian ini bro,kalo sampe kotor,bakal gak enak dibejek motornya
- blok dan head,bersihkan dari sisa kotoran ato kerak hasil pembakaran,biar slalu oke
- aki,pastikan jangan sampe air aki melewati batas minimum,terutama untuk yang ber arus DC,kalo soak ribet bro…….
- radiator,buat yang beradiator kayak ninin,cek tuh coolant nya,kalo kering over heat,jebol dah mesinnya
- oli mesin,penting nih,walo daya tahan 2 tak terhadap oli basi(lama gak diganti)lebih bagus dari 4 tak,tapi baiknya ganti oli berkala sesuai manualnya,
- cek kabel busi dan koil secara rutin,ganti kalo udah terlihat mlethek
- manasin mesin jangan lama lama,2 menit cukup bro,
- kuras tangki bahan bakar berkala,kadang ada korosi di tank yang berpotensi masuk ke karburator dan menyebabkan motor jadi loyo,jadi lakukan pengurasan,paling gak setaun sekali ato 2 kali,
oke bro,itu beberapa hal yang dilakukan sohib ane dalam ritual ngrawat motor 2 tak nya,barangkali ada yang mau nambahin???monggo di share………
semoga berguna….
Â
pekalongan jaya!!!!!!!
Â
sip infonya..
Oke bro.thanx dah mampir
siph lanjutkan kang bro 😀
oke thanks om,newbie nih,butuh suport,hehehe
Joss gandooossssss…. 😀
mantap,lanjutkan